Islam Agama ku

Blog mengenai Islam dan juga yang terkandung didalamnya

Shalat Sunah Istikharah -

A. Pegertian Shalat Istikharah

Istikharah artinya memilih atau meminta dipelihara. Jadi yang dimaksud aalah shalat sunah untuk memohon kepada Allah SWT supaya dipelihara sala satu yang terbaik dari dua atau lebih pilihan yang meragukan.
Contohnya: Ada dua gadis yang sama-sama kita cintai untuk kita jadikan istri. tetapi kita ragu memilih salah sau dari mereka yang cocok untuk kita jadikan istri agar nantinya bisa hidup bahagia.
Atau ada dua pekerjaan yang sama-sama menjanjikan kedepanya. Tetapi kita ragu untuk memilih pekerjaan yang cocok dengan untuk kita.
Untuk memecahkan permasalahan tersebut shalat istikharah adalah solusi yang baik. Dengan shalat istikharah Allah SWT akan memberi petunjuk berupa kemantapan hati ataupun impian.

B. Waktu Shalat Istikharah
Berbeda dengan shalat fardhu dan tahajud, untuk shalat istikharah ini tidak ada waktu khusus. Karenanya, boleh dikerjakan pada siang hari atau pun malam hari, asal tidak dikerjakan pada waktu yang dilarang untuk shalat.
Akan tetapi, karena shalat istikharah ini merupakan permohonan, maka sebaiknya dikerjakan pada waktu yang mustajab untuk berdo'a. Misalnya pada malam hari sepertiga malam terakhir atau setelah selesai shalat fardhu.
Dalam riwayat Tirmidzi disebutkan, bahwa suatu hari ada seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah SAW,
"Ya Rasulullah, do'a manakah yang paling didengar oleh Allah?" Beliau bersabda:
Artinya:"Pada waktu tengah malam dan sesudah shalat fardhu."

C. Hukum Shalat Istikharah

Shalat istikharah hukumnya sunah muakad bagi orang yang sedang menginginkan petunjuk. Anjuran untuk melaksanakn shalat istikharah terdapat pada sabda Nabi SAW;
Artinya: "Tidak kecewa orang yang melaksanakan shalat istikharah, tidak akan menyesal orang suka bermusyawarah, dan itidak akan kekurangan orang yang suka berhemat."(HR Tabrani)

Dan dari hadits yang bersumber dari Jabir bin Abdullah ra. ia berkata:
Artinya:"Rasulullah SAW mengajarkan salat istikharah kepada kami dalam beberapa perkara yang penting. Beliau bersabda, 'Apabila salah seorang diantara kalian ragu tentang suatu perkara,
maka hendaklah salat (istikharah) dua rakaat kemudian berdo'a : Wahai Tuhanku . . .'." (HR. Bukhari)

D. Keistimewaan / fadilah Salat Istikharah

Diantara keistimewaan salat istikharah adalah
1. dapat menghilangkan keragu-raguan
2. menghilangkan kebimbangan
3. menghilangkan ketidakpastian
4. dapat mencegah hawa nafsu kita, sehingga kita tidak akan gegabah dalam bertindak
Dengan kata lain, dengan salat istikharah kita bisa berpegang teguh pada pendirian kita dan menyerahkan semua keputusan kepada Allah SWT.

Ketahiulah, perkara yang boleh di istikharahkan ialah perkara yang mubah dan tidak bertentangan dengan ketentuan syarak. Sebab, perkara yang wajib itu mutlak harus dikerjakan. Dan perkara yang haram itu harus kita tinggalkan.
Berdasarkan hadits dari Jabir bin Abdullah diatas, maka bilangan salat istikharah paling sedikit adalah dua rakaat dan paling banyak tidak terhingga. Boleh dua rakaat, empat rakaat, enam rakaat dan seterusnya. Hal ini
seperti halnya do'a yang dibaca berulang -ulang, dimana salat juga termasuk do'a.


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori shalat dengan judul Shalat Sunah Istikharah. Jika Anda menyukainya, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : Islam Agama ku
Ditulis oleh: rudiharto - Friday 10 December 2010

1 Komentar untuk "Shalat Sunah Istikharah"

  1. Assalamu'laikum,terimakasih atas penjelasannya.Ada yang saya ingin tanyakan,saya pernah mendenar dalam mengerjakan solat istiqaroh,di rakaat pertama setelah membaca surat alfatihah di anjurkan untuk membaca surat Al-khafirun,dan rakaat kedua setelah membaca surat alfatihah dianjurkan untuk membaca surat Al-ikhlas??,kalaupun ada,apa kah ada hadisnya??.terima kasih sebelumnya atas penjelasannya.

    ReplyDelete