Islam Agama ku

Blog mengenai Islam dan juga yang terkandung didalamnya

Persiapan Menjelang Bukan Ramadhan -

Sebentar lagi Bulan Ramadhan tiba. Ramadhan kali ini ditahun 1436 Hijriah dan 2015 Masehi. Sebelum datang bulan Ramadhan kita sebaiknya menyiapkan beberapa hal untuk menyambutnya agar ibadah nanti bisa maksimal. Tentunya dengan niat karena Allah SWT.

persiapan-bulan-ramadhan-puasa


Dibawah ini beberapa persiapan menjelang datangnya Bulan penuh ampunan, yaitu bulan Ramadhan 1436 H / 2015 M.

1. Persiapan Ruhiyah. Rasulullah SAW memberikan contoh kepada kita untuk senantiasa mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan. Aisyah r.a pernah berkata, “Rasulullah SAW tidak pernah berpuasa sunnah di satu bulan lebih banyak daripada bulan Sya’ban. Sungguh, beliau berpuasa penuh pada bulan Sya’ban”. (HR. Bukhari).

Ibadah yang dapat menenangkan ruhiyan antara lain, puasa senin-kamis, sholat malam, sholat dhuha, membaca al ma'tsurat pagi dan petang, tepat waktu sholat 5 waktu dan dilakukan di Masjid dan beberapa lainya. InsyaAllah dengan meningkatkan ibadah kita menjelang bulan puasa, nantinya akan lebih mudah menjalani ibadah-ibadah di bulan itu. Tentunya tidak hanya menjelang Bulan Ramadhan saja ibadah ditingkatkan, melainkan dibulan-bulan lain demikian.

2. Persiapan Jasadiyah. Fisik juga penting dalam menjalani bulan Ramadhan, dengan kondisi fisik yang prima ibadahpun terasa semangat dan lebih khusuk.

Persiapan Jasadiyah ini dapat berupa olah raga teratur, stretching [peregangan] dipagi hari, futsal seminggu sekali atau olah raga lainya yang disukai.

3. Persiapan Ilmu. Persiapan ilmu yang dimaksud adalah ilmu tentang agama dan pengetahuan umum. Ilmu agama yang nantinya untuk beribadah sehari-hari dan ilmu umum untuk tambahan pengetahuan dan untuk dishare dengan niat baik. Dengan hal ini kita akan mendapat banyak kebaikan dengan persiapan ilmu sebelumnya. InsyaAllah

4. Persiapan harta. Yang saya maksud persiapan harta ini untuk keperluan sehari-hari seperti untuk jamuan sahur dan berbuka, untuk infaq dan shodaqoh, zakat dan beberapa lainya. Akan lebih baik jika dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum bulan Ramadhan tiba.

5. Pada poin lima ini sebaiknya juga dilakukan, yaitu persiapan target. Misalnya target khatam 2 juz Al Quran, hafalan surat-surat Al Quran, ibadah harian dengan dibuat table targetan agar saat Ramadhan berakhir kita bisa melakukan koreksi. 

Nah, ini beberapa yang dapat dilakukan sebagai persiapan menjelang bulan Puasa/Ramadhan tiba tahun ini. Semoga amal dan ibadah kita diterima Allah SWT dan dapat menjadikan diri pribadi menjadi lebih baik setiap harinya.



Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Pengetahuan Umum dengan judul Persiapan Menjelang Bukan Ramadhan. Jika Anda menyukainya, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : Islam Agama ku
Ditulis oleh: rudiharto - Thursday 30 April 2015

3 komentar untuk "Persiapan Menjelang Bukan Ramadhan"

  1. nice info
    kunjungi juga http://harian-hikmah.blogspot.com/2015/06/persiapan-ramadhan.html untuk tambahan ilmunya.

    ReplyDelete
  2. barokalloh... nice info
    kunjungi juga http://harian-hikmah.blogspot.com/2015/06/persiapan-ramadhan.html untuk tambahan ilmunya..:)

    ReplyDelete
  3. terimakasih banyak artikelnya mas, mantab deh..

    ReplyDelete