Islam Agama ku

Blog mengenai Islam dan juga yang terkandung didalamnya

Kalender Puasa Sunnah Tengah Bulan / Ayyamul Bidh 2018

Assalamu'alaikum wr wb.

Hi, salam hangat dari admin. Satu artikel malam ini mengenai ibadah sunnah bulanan, yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam, yaitu puasa sunnah Ayyamul Bidh (puasa sunnah tengah bulan Hijriah).

“Kekasihku (yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam) mewasiatkan padaku tiga nasehat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati: 1- berpuasa tiga hari setiap bulannya, 2- mengerjakan shalat Dhuha, 3- mengerjakan shalat witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari no. 1178)

Puasa tengah bulan atau Ayyamul Bidh yang mana jatuh pada tanggal 13,14, dan 15 pada kalender hijriyah setiap bulanya.

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh 1439 H

Kalender Puasa Ayyamul Bidh 1439 H


Jadwal Puasa Sunnah Tengah Bulan / Ayyamul Bidh 2016


Assalamu'alaikum wr wb.
Hi, selamat pagi. Satu artikel pagi ini mengenai puasa sunnah tengah bulan atau dalam bahasa kerenya Ayyamul Bidh. Lebih tepatnya jadwal kalender puasa ayyamul bidh tahu 2016. Untuk pengertian bisa dilihat di artikel Puasa Sunnah Tengah Bulan ini. Lalu untuk jadwal tahun ini, berikut gambarnya:

Kalender puasa ayamul bidh tahun 2016
Kalender puasa ayamul bidh tahun 2016

sumber: http://www.hasanudin.id/2015/12/kalender-puasa-tahun-2016.html

Jadwal Puasa Sunnah Tengah Bulan / Ayyamul Bidh 2015

Selamat malam. Satu artikel lagi tentang Jadwal puasa sunnah Ayyamul Bidh 2015. Untuk pengertian puasa Ayyamul Bidh dan hadistnya silahkan cek disini lalu untuk kalendenya silahkan dicopy :D . Semoga bermanfaat.

Kalender Puasa Ayyamul Bidh 2015
Kalender Puasa Ayyamul Bidh 2015

Pahala Luar Biasa Dengan Dzikir Sederhana

Selamat malam, sedikit berbagi dengan video tentang pahala Dzikir yang kemarin Aku lihat disitusnya Ust yusufmansur. Video ini menceritakan tentang pahala Dzikir yang luar biasa besar dengan meluangkan beberapa detik saja untuk berdzikir. Entah saat menunggu waktu sholat atau selepas sholat. Silahkan dilihat semoga bermanfaat.




Persiapan Menjelang Bukan Ramadhan

Sebentar lagi Bulan Ramadhan tiba. Ramadhan kali ini ditahun 1436 Hijriah dan 2015 Masehi. Sebelum datang bulan Ramadhan kita sebaiknya menyiapkan beberapa hal untuk menyambutnya agar ibadah nanti bisa maksimal. Tentunya dengan niat karena Allah SWT.

persiapan-bulan-ramadhan-puasa


Dibawah ini beberapa persiapan menjelang datangnya Bulan penuh ampunan, yaitu bulan Ramadhan 1436 H / 2015 M.

1. Persiapan Ruhiyah. Rasulullah SAW memberikan contoh kepada kita untuk senantiasa mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan. Aisyah r.a pernah berkata, “Rasulullah SAW tidak pernah berpuasa sunnah di satu bulan lebih banyak daripada bulan Sya’ban. Sungguh, beliau berpuasa penuh pada bulan Sya’ban”. (HR. Bukhari).

Ibadah yang dapat menenangkan ruhiyan antara lain, puasa senin-kamis, sholat malam, sholat dhuha, membaca al ma'tsurat pagi dan petang, tepat waktu sholat 5 waktu dan dilakukan di Masjid dan beberapa lainya. InsyaAllah dengan meningkatkan ibadah kita menjelang bulan puasa, nantinya akan lebih mudah menjalani ibadah-ibadah di bulan itu. Tentunya tidak hanya menjelang Bulan Ramadhan saja ibadah ditingkatkan, melainkan dibulan-bulan lain demikian.

2. Persiapan Jasadiyah. Fisik juga penting dalam menjalani bulan Ramadhan, dengan kondisi fisik yang prima ibadahpun terasa semangat dan lebih khusuk.

Persiapan Jasadiyah ini dapat berupa olah raga teratur, stretching [peregangan] dipagi hari, futsal seminggu sekali atau olah raga lainya yang disukai.

3. Persiapan Ilmu. Persiapan ilmu yang dimaksud adalah ilmu tentang agama dan pengetahuan umum. Ilmu agama yang nantinya untuk beribadah sehari-hari dan ilmu umum untuk tambahan pengetahuan dan untuk dishare dengan niat baik. Dengan hal ini kita akan mendapat banyak kebaikan dengan persiapan ilmu sebelumnya. InsyaAllah

4. Persiapan harta. Yang saya maksud persiapan harta ini untuk keperluan sehari-hari seperti untuk jamuan sahur dan berbuka, untuk infaq dan shodaqoh, zakat dan beberapa lainya. Akan lebih baik jika dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum bulan Ramadhan tiba.

5. Pada poin lima ini sebaiknya juga dilakukan, yaitu persiapan target. Misalnya target khatam 2 juz Al Quran, hafalan surat-surat Al Quran, ibadah harian dengan dibuat table targetan agar saat Ramadhan berakhir kita bisa melakukan koreksi. 

Nah, ini beberapa yang dapat dilakukan sebagai persiapan menjelang bulan Puasa/Ramadhan tiba tahun ini. Semoga amal dan ibadah kita diterima Allah SWT dan dapat menjadikan diri pribadi menjadi lebih baik setiap harinya.