Islam Agama ku

Blog mengenai Islam dan juga yang terkandung didalamnya

Istimewanya Bulan Muharram -

Istimewanya Bulan Muharram
Minggu, 27 November 2011 kita akan memasuki bulan suci Muharram di tahun baru 1432 H. Tahun dimana umat Islam merayakannya dengan hal-hal yang baik tentunya, kajian misalnya, baca Al Qur'an dan lain sebagainnya.

Tidak terasa begitu cepat Bulan Muharram datang lagi, serasa baru kemaren bulan yang mulia itu datang. Tentunya kita sebagai umat Islam yang baik harus menjadikan tahun baru Islam ini sebagai motivasi untuk menjadikan kita lebih baik kedepannya. Me-List kegiatan selama setahun kedepan, mimpi-mimpi selama setahun kedepan. Yang tentunya inti dari semua itu adalah selama setahun kedepan kita harus bisa jauh lebih baik daripada tahun kemaren.



Banyak orang yang beranggapan bahwa bulan Muharram/Suro bulan yang sakral dengan adanya ritual Kejawen, ruwatan, kirim sesajen, dan sebagainnya. Sakral-nya memang betul karena bulan Muharram adalah salah satu dari empat bulan yang diberkahi Allah SWT. Bulan tersebut ialah Dzulqo’dah, Dzulhijjah dan Muharam (‘Asyura’) serta yang keempat sendiri yaitu bulan Rajab antara Jumada Tsaniyah dengan bulan Sya’ban.

Ya sudahlah, mungkin mereka memang belum faham mengenai arti dari bulan Muharram tahun baru bagi umat Islam. Ini menjadi tugas kita untuk mendakwahi mereka-mereka agar mengerti dan faham.

Sementera itu, mari kita korek lebih dalam tentang kebaikan dibulan Muharram, keistimewaan, kemiliaan, dan sejarahnya.

1. Sejarah Penentuan Bulan Hijriyah
Kalender Hijriyah telah dimulai sejak masa Umar bin Khatab, ketika beliau mengumpulkan para sahabatnya untuk bermusyawarah kapan dimulainya tahun baru Islam?

Ada yang berpendapat, “Dimulai dari lahirnya Rasulullah ”, sebagian lagi mengatakan, “Dimulai dari diutusnya beliau ”, yang lain mengatakan, “Dimulai dari hijrahnya Rasulullah ”, yang lain mengatakan, “Dimulai dari meninggalnya beliau ”. Namun kemudian Umar memilih untuk dimulai tahun baru Islam dari hijrahnya Rasulullah , karena memiliki beberapa pertimbangan :
1) Hijrah membedakan antara yang hak dan yang batil,
2) Hijrah merupakan awal membangun kekuatan umat Islam,
3) Hijrah merupakan awal pembentukan negri Islam dengan kekuasaan yang berdiri sendiri.

Singkat cerita Umar, Utsman dan Ali sepakat bulan Muharram adalah awal dari tahun baru Hijriyah, dimana Rasulullah membai’at orang-orang Anshar untuk hijrah dan bai’at ini merupakan muqodimah dari hijrahnya Rasulullah.

2. Kemuliaan Bulan Muharram
Firman Allah :"yakni bulan-bulan yang dimuliakan karena berbuat dosa pada bulan-bulan itu lebih besar dan lebih jelas dari bulan-bulan yang lain, sebagaimana maksiat di tanah haram juga akan berlipat dosanya, seperti firman Allah,”Dan siapa yang bermaksud di dalamnya malakukan kejahatan secara zalim, niscaya akan Kami rasakan kepadanya sebahagian siksa yang pedih.” (QS. Al-Hajj: 25)

3. Sunnah Rasulullah di bulan Ramadhan
“Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah bulan Allah yakni Muharram.” (HR Muslim)
Jadi disunnahkan berpuasa pada tanggal 10 Muharram. Karena pada tanggal itu kaum Nasrani dan Yahudi maka Rasulullah juga memerintahkan tanggal 9 Muharram untuk berpuasa sebagai pembeda. (almadinah.or.id)

4. Kejadian-kejadian pada bulan Muharram
• Allah SWT pertama kali menciptakan alam semesta.
• Allah SWT menciptakan Nabi Adam AS.
• Nabi Adam AS bertaubat kepada Allah SWT dan diterima oleh-Nya.
• Allah SWT mengangkat Nabi Idris AS ke langit.
• Allah SWT menyelamatkan Nabi Nuh AS dan kaumnya dari banjir selama 6 bulan 10 hari.
• Nabi Ibrahim AS lahir di muka bumi.
• Allah SWT menerima taubat Nabi Ibrahim AS.
• Allah SWT menyelamatkan Nabi Ibrahim AS dari pembakaran oleh raja zalim Namrud.
• Allah SWT menurunkan Kitab Taurat kepada Nabi Musa AS.
• Nabi Yusuf AS diselamatkan Allah SWT dari sumur tua di padang pasir. Nabi Yusuf dibuang ke sumur oleh para saudaranya yang sangat jahat padanya.
• Nabi Yusuf AS dibebaskan dari penjara karena fitnah Zulaihah.
• Nabi Yakub AS disembuhkan dari penyakit butanya.
• Nabi Musa membelah Laut Merah dengan tongkatnya, untuk menyelamatkan kaumnya dari kejaran bala tentara raja Fir’aun yang biadab.
• Allah SWT menyelamatkan Nabi Yunus AS yang ditelan ikan paus besar. Nabi Yunus AS terdera 40 hari 40 malam di perut ikan paus, hingga Allah SWT mengeluarkannya dari ikan paus tersebut.
• Nabi Ayub AS disembuhkan dari penyakit super-berat yang tak tersembuhkan.
• Allah SWT mengampuni kesalahan Nabi Dawud AS.
• Allah SWT pertama kali menurunkan rahmat.
• Allah SWT pertama kali menurunkan hujan. (Sumber:alfinsungeraje.blogspot.com)

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Curhat dengan judul Istimewanya Bulan Muharram. Jika Anda menyukainya, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : Islam Agama ku
Ditulis oleh: rudi hartono - Sabtu, 26 November 2011

1 Komentar untuk "Istimewanya Bulan Muharram"

Poskan Komentar