Islam Agama ku

Blog mengenai Islam dan juga yang terkandung didalamnya

Mukjizat Al Qur'an -

A. Pengertian Al Qur’an
Secara etimologi, kata Al Qur’an berasal dari bahasa Arab yang merupakan bentuk kata benda (masdar) dari kata qara’a. qara’a sendiri memiliki arti ‘membaca’ atau ‘mengumpulkan’. Al Qur’an secara terminologis berarti wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW secara berangsur-angsur dan malaikat jibril sebagai perantaranya, yang diriwayatkan secara mutawatir, dan membacanya merupakan bentuk ibadah.
Pada umunya Al Qur’an sama seperti kitab-kitab suci lainnya yang diturunkan kepada nabi-nabi sebelumnya. Fungsinya sebagai petunjuk bagi manusia untuk menjalani kehidupan. Namun, Al Qur’an merupakan kitab yang paling istimewa karena diturunkan kepada Nabi yang terakhir yaitu Muhammad SAW. Bukan hanya ditujukan kepada manusia pada masa itu, tetapi untuk petunjuk manusia sepanjang masa dari masa Nabi Muhammad SAW sampai hari kiamat nanti. Al Qur’an juga merupakan kitab suci penyempurna kitab-kitab terdahulu yang pernah diturunkan Allah SAW kepada para Nabi terdahulu.

B. Proses Penurunan Wahyu
Di dalam Al Qur’an disebutkan bahwa Allah SWT menurunkan wahyu kepada Nabi dan Rasul-Nya dengan tiga cara. Pertama, wahyu diturunkan memalui mimpi yang benar. Nabi Ibrahim pernah mengalami mimpi untuk menyembelih Ismail putranya. Firman Allah

Artinya:”Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata:”Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang bersabar.” (QS :Ash Shaaffaat [37]: 102)

Kedua, wahyu yang disampaikan dibalik hijab sebagaimana yang dialami Nabi Musa as.

Artinya: “Dan tatkala Musa datang untuk (munajat dengan kami) pada waktu yang telah Kami tentukan dan Tuhan telah berfirman (langsung) kepadanya, berkatalah Musa: “Ya Tuhanku, nampakkanlah (diri Engkau) kepadaku agar aku dapat melihat kepada Engkau.” Tuhan berfirman:”Kamu sekali-kali tidak sanggup melihat-Ku, tapi lihatlah kebukit itu, maka jika ia tetap di tempatnya (sebagai sediakala) niscaya kamu dapat melihat-Ku.” Tatkala Tuhannya menampakkan diri kepada gunung itu, dijadikannya gunung itu hancur luluh dan Musa pun jatuh pingsang. Maka setelah Musa sadar kembali, dia berkata:”Masa Suci Engkau, aku bertaubat kepada Engkau dan aku orang pertama-tama beriman.” (QS: Al A'raaf [7]: 143)

Ketiga, wahyu kepada Nabi Muhammad yang disampaikan melaui Malaikat Jibril . hal ini dijelaskan dalam Al Qur’an, sebagaimana firman Allah SWT;

Artinya: ”Dan tidak mungkin bagi seorang manusiapun bahwa Allah berkata-kata dengan dia kecuali dengan perantara wahyu atau dibelakang tabir atau dengan mengutus seorang utusan (malaikat) lalu diwahyukan kepadanya dengan seizing-Nya apa yang Dia kehendaki. Sesungguhnya Dia Maha Tinggi lagi Maha Bijaksana.” (QS : Asy Syuura [42]: 51)



Bersambung . . .


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Al Qur'an dengan judul Mukjizat Al Qur'an. Jika Anda menyukainya, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : Islam Agama ku
Ditulis oleh: rudiharto - Wednesday 20 April 2011

Belum ada komentar untuk "Mukjizat Al Qur'an"

Post a Comment